By Yeni Ramadhani

Advertise Here

animasi blog

Rabu, 03 Desember 2014

Skill Komputer sangat penting dalam dunia kerja

Pentingnya Skill Komputer 



Kemampuan komputer menjadi salah satu kemampuan softskill yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi dunia kerja. Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini.Hal ini tentunya menjadi dasar pemikiran bagi para mahasiswa atau mahasiswi yang akan segera lulus untuk memperoleh kemampuan di bidang komputer. sebutlah beberapa program yang harus dikuasai sebagai dasar adalah Microsoft Office (Ms Word, Ms Excel dan jg Ms. Power Point) bahkan untuk saat ini Ms Power Point sudah digantikan dengan Flash.
Artinya, jika kita tidak menambah kemampuan kita di bidang komputer akan membuat kita sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Teknologi yang terus berkembang pesat dalam kehidupan semakin menunjukkan betapa pentingnya untuk memiliki skill komputer yang memadai. Tidak hanya pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi saja yang membutuhkan kecakapan dalam menggunakan komputer, pekerjaan lain seperti administrasi, industri kreatif, penjualan, pemasaran dan lainnya relatif membutuhkan latar belakang kemampuan teknis agar dapat bersaing dalam dunia industri.

Dilansir dari Yahoo News, berikut 5 kemampuan teknis dasar yang paling sering dicari oleh perusahaan:

1. Media sosial
Di era sekarang ini, kemampuan menggunakan media sosial mutlak dibutuhkan dalam bidang apa pun untuk mengetahui informasi penting dan berinteraksi dengan pelanggan.

2. Microsoft Excel
Kemampuan menggunakan Microsoft Office kini tidak lagi dianggap sebagai keunggulan individu, namun sudah menjadi suatu ‘kewajiban’. Menurut Bob Myhal, CEO dari NextHire, perusahaan lebih menyukai pelamar yang memiliki kompetensi membuat dan menggunakan pivot tables pada Microsoft Excel.

3. Mobile development
Sedikit lebih teknis, pelamar yang menginginkan posisi di bidang komputer akan lebih disukai apabila ia memiliki kemampuan mobile development untuk perangkat iOS, Android, Windows Phone dan lainnya. Hal ini disebabkan karena semakin banyak perusahaan yang ingin memasuki sektor mobile untuk meningkatkan keuntungan.

4.Kemampuan menyelesaikan masalah teknis dasar
Perusahaan lebih menyukai karyawan yang mampu mengenali atau bahkan menyelesaikan masalah teknis dasar, karena karyawan tersebut dianggap memiliki pola pikir yang lebih kritis dan tidak akan membebani karyawan IT untuk masalah teknis yang sebenarnya sepele.

5. Melek teknologi
Perusahaan besar yang banyak berkecimpung dalam bidang teknologi baik sebagai dasar industri maupun untuk teknik pemasaran dan juga berbagai perusahaan startup akan lebih memilih pelamar yang terus mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Mereka menganggap para kandidat tersebut memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga akan banyak bermanfaat untuk perkembangan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar