By Yeni Ramadhani

Advertise Here

animasi blog

Selasa, 06 Januari 2015

Tips Agar Suara Menjadi Merdu!

Tips berikut ini adalah Cara Melatih Suara/Vocal Agar tetap Merdu, Terasa plong dan Bernada Tinggi namun sebelum anda berlatih, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Salah satu teknik pernafasan dalam olah vocal yang paling efektif yaitu adalah teknik pernafasan perut, Bukan pernafasan dada.

Cobalah untuk memperhatikan cara berbicaramu setiap hari. Sekalipun orang yang memiliki kebiasaan menyanyi yang baik terkadang bisa mengalami luka saat berbicara dan juga banyak penyanyi yang tidak memperhatikan cara berbicara, apakah menyebabkan iritasi pita suara atau tidak. 

 
TEKNIK MELATIH PERNAFASAN
Cara termudah untuk membedakan Nafas Perut dan Nafas Dada adalah : 
  • nafas perut : ketika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan
  • nafas dada : ketika nafas ditarik, yang mengembung adalah dada. Gampang kan?
Oke kita mulai berlatih
Namun sebelum itu siapkan posisi tubuh, bisa berdiri atau duduk bersila. Tegakkan punggung/badan.
  1. Tarik nafas dalam-dalam (dengan nafas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10, perut diusahakan full mengembung.
  2. Hitungan 10 detik berikutnya tahan nafas. Dalam posisi perut full mengembung, tahan hingga perut terasa keras. Boleh dicek dengan menepuk-nepuk perut yang mengeras.
  3. Hitungan 10 detik berikutnya, keluarkan nafas perlahan-lahan melalui mulut. Atur pengeluaran nafas seefisien mungkin sampai hitungan ke-10 agar pengeluaran nafas bisa sehemat mungkin, mulut dibuka sedikit saja sambil membunyikan ”cesssss”
  4. Berikutnya, ulangi langkah-langkah latihan ”tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasi waktu secara bertahap. Misalnya, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 15, 20, 25,30 dst. hingga batas waktu terlama. 
  5. Jika dalam satu durasi waktu masih dirasa berat…coba diulang beberapa kali.

TEKNIK MELATIH VIBRASI

Kalian sudah tahu belum apa itu Vibra ? okey baiklah biar saya jelaskan dulu. vibra adalah "membunyikan" suara. ini terjadi akibat adanya kontraksi pada pita suara. Hmm, jadi begini.. ketika kita bernapas, pita suara akan terbuka dan udara akan lewat begitu saja tanpa menghasilkan suara.. tapi ketika kita hendak bersuara atau bernyanyi... maka pita suara akan merapat dan udara dari dalam membuat pita suara tersebut bergetar untuk menghasilkan bunyi-bunyi tersebut.

Kasus nya seperti ini, sebagai bukti.. coba pegang jakun atau tenggorokan tengah leher kalian sambil mengucapkan huruf-huruf seperti S, SH, F maka tidak ada getaran di jakun kita.. tapi coba kalau dengan huruf G, K, NG, dan "AHHH".. maka akan ada getaran.. itulah awal proses asal mula vibrasi/ getaran..

Nahh.. ide dari getaran seperti ini bisa diaplikasikan pada nyanyian dan berguna untuk :
  • ekspresi (secara emosi)
  • memudahkan untuk mencapai nada-nada tinggi (secara teknik)
Untuk Cara Melatihnya :
  1. Cobalah rileks
  2. Nyanyikan nada dengan benar dengan nada tinggi namun tidak perlu terlalu tinggi
  3. Rasakan udara yang mengalir dari dalam ke luar pita suara anda
  4. Rasakan pada getarannya
  5. Fokus dan coba untuk mendapatkan vibrasi alunan tersebut pada nyanyian secara natural. ingat, jangan dibuat-buat seperti menggerakkan bagian tenggorokan kita hingga bergerak secara berlebihan. hal seperti ini malah akan menguras energi dan membuat suara tidak stabil / enggak jelas tone nya
  6. Jika sudah terasa vibrasinya. baru boleh digerakkan bagian dalam tenggorokan dengan seperlunya, gak perlu berlebihan. tergantung ekspresi, alunan dan kebutuhan lagu.
  7. Ingat vibrasi yang baik itu adalah vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil. Jadi harus dilatih pelan-pelan. yang terpenting stabil, stabil dan stabil

RAMUAN ALAMI UNTUK MENDAPATKAN SUARA MERDU

Bahan-Bahan :
  • Jeruk Nipis - 2 buah
  • Kapur Sirih - Seujung kuku
  • Garam - Secukupnya
  • Madu Asli - 1 sendok 
Cara Pembuatan :
  1. Potong Jeruk Nipis masing-masing menjadi dua bagian
  2. Lalu Peras dan ambil airnya
  3. Campur kapur sirih, sedikit garam dan satu sendok makan Madu Asli 
Aturan Pakai :
Minum Ramuan ini sampai habis. Lakukan 1 minggu sekali, insyaallah dalam waktu sebulan suara anda akan terasa plong dan menjadi merdu. Untuk menjaga suara agar terpelihara dengan baik, minum ramuan ini minimal dua kali dalam sebulan, suaranya akan terasa merdu dan plong tentunya.

Demikian tips kali yang berjudul Cara Mendapatkan Suara Indah, Merdu dan Bernada Tinggi. jika anda ingin mempunyai vokal suara yang bagus usahakan menghasilkan intonasi nada yaitu dengan pendengaran yang baik, kontrol pernafasan, dan tidak luput dari rasa musikal.

0 komentar:

Posting Komentar